bahasa/language/basa/lughoh

Rabu, 29 September 2010

Nggambar Komik?? untuk pemula bag.1(genre)

Komik ???? apa itu komik????
komik menurut gue adalah sebuah media untuk mengungkapkan isi hati, bukan hanya sekedar gambar coret yang menurut ortu kita mbaca komik itu hanya buang2 waktu...

gue mbikin komik sejak SD sejak gue tahu apa itu komik, walaupun....... komik yang gue buat gambarnya gak jelas, cuma gambar orang2an lidi dengan jalan cerita yang lebih gak jelas lagi dari gambarnya. waktu masih SD komik yang gue buat itu bisa gue baca, tapi sekarang udah gak jelas lagi(udah gak kebaca, soalnya gambarnya cuma coret-coret gak jelas) entah apa yang ada di otak kecilku dulu, entah cerita apa yang ada di komik semrawut yang gue buat dulu.

membuat komik sama saja mengekspresikan diri, jadi mbuat komik nggak sesulit yang dibayangkan, semua orang bisa mbuat komik, baik yang bisa nggambar sampe yang gambarnya cuma orang-orangan lidi (yang gak jelas itu gambar orang apa bukan).
kalo kalian sudah tahu bagaimana cara mengekspresikan diri, berarti kalian sudah tahu cara membuat komik,

gue akan ngasih tau sedikit gimana cara membuat komik menurut pengalaman saya,
(waktu masih SD??????......????)

Pertama, tentukan apa yang kalian ingin ceritakan dalam komik kalian... entah itu pengalaman lucu, cerita fantasi, misteri, dll. cerita berdasarkan pengalaman yang terjadi di masa lalu akan jauh lebih mudah dibuat, tapi bukan berarti membuat cerita khayal(imajinasi) itu sulit.

sebelum kalian membuat cerita yang berdasarkan khayalan kalian harus menentukan tema apa yang akan dimuat dalam komik kalian, bahasa gaulnya 'genre' (setelah dicari artinya di kamus hasilnya; genre=gaya), gue akan memberikan sedikit saran genre apa yang cocok buat kalian
(ini menurut gue lho....)

ACTION, genre action biasanya berisi tentang perkelahian antar hero baik yang jahat atau yang baik, biasanya komik bergenre action lebih menonjolkan gambar otot dan lebih mengutamakan adegan bertarung daripada percakapan antar karakter, kalopun ada percakapan pasti ujung2nya tempur, tarung, pukul-pukulan. biasanya percakapan akan menjadi selingan dalam pertarungan antar tokoh. genre ini emang cocok buat kamu-kamu yang gak suka banyak omong, tawuran, dan cocok juga buat kamu yang pengen mbikin komik tentang superhero.

COMEDY, genre comedy lebih menonjolkan sesuatu yang diluar akal sehat yang sesutu itu 'lucu'.
seperti orang dipukul pake palu gede trus kepalanya benjol bertingkat-tingkat( lucu dari segi gambar ), ato lelucon2 dari karakter yang kita buat. genre ini cocok buat kamu yang otaknya agak sinting, di luar akal sehat(gak waras??), suka humor, ato buat kamu yang sering gak nyambung kalo diajak ngomong (mungkin dengan komik kalian jadi bisa nyambung dengan orang lain).

HOROR, genre horor biasanya berisi tentang misteri baik itu mistis atopun yang bukan mistis, seperti cerita-cerita hantu, dracula, pembunuhan, pencurian (????? pencurian????). biasanya orang-orang yang membuat komik horor itu orang2 penakut, dan mereka2 itu menggambarkan ketakutannya dalam bentuk komik. genre yang satu ini cocok buat kamu yang tipenya pendiam, gak banyak omong tapi nggak anarkis, lebih menonjolkan pemikiran daripada khayalan.

DRAMA, genre drama biasanya berisikan kisah2 percintaan, kenangan masa lalu, masa sekolah, yang ceritanya berkesinambungan dari awal hingga akhir. seperti cerita yang biasanya ada di sinetron di tipi-tipi. genre drama paling sering dibikin oleh perempuan karena menonjolkan perasaan dari hati, tapi tidak menutup kemungkinan laki2 juga membuat komik drama karena mereka juga punya hati ( jatuh cintaaaa berjuta rasanyaaa....)

FANTASI, genre fantasi lebih mengutamakan 'ketidakmasuk akalan' ketimbang yang masuk akalnya, namanya aja fantasi jadi semua yang digambarkan dalam komik adalah sesuatu yang bersifat fantasi juga, seperti tokoh naga, wizard(penyihir), elf(orang utan???), pohon yang bisa ngomong, dll. yang sama tidak masuk akalnya. genre yang ini cocok buat kamu2 yang doyan warcraft, the lord of the ring, eragon, dan yang suka khayal2 yang gak ilmiah.

sebenernya masih banyak genre yang bisa dibuat, ato kalo KALIAN INGIN SESUATU YANG LAIN, kalian bisa menggabungkan beberapa genre tersebut untuk membuat jalan cerita yang lebih kreatif.

bersambung.....to be continued.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan